Kamis, 19 Juli 2012

Jambore Sanitasi 2012

Kampanye perubahan perilaku secara nasional antara lain direpresentasikan melalui kegiatan Jambore Sanitasi sebagai ajang pertemuan para Duta Sanitasi (siswa-siswi pemenang lomba karya tulis penyuluhan dan lomba poster tingkat provinsi)ndari seluruh Provinsi di Indonesia. Jambore Sanitasi telah dilakukan sejak tahun 2008, 2010 dan 2011 dan dinilai positif dalam mengkampanyekan “gerakan peduli sanitasi” sejak usia dini. Pemilihan Duta Sanitasi menjadi kebanggaan bagi anak-anak Indonesia karena selain mendapat pengetahuan yang lebih luas tentang bidang ke PLP-an (air limbah, sampah dan drainase) juga karena dapat berinteraksi dengan Bapak Wakil Presiden, Ibu Herawati Boediono dan Ibu Negara.

Pada tahun 2012, kembali Kementerian Pekerjaan Umum melaksanakan kegiatan Jambore Sanitasi yang akan dilakukan pada tanggal 24 Juni – 1 Juli 2012 di Hotel Mercure Ancol, dengan tema yang mengedepankan peran sanitasi bagi ketahanan air dan pangan, sesuai dengan tema Hari Air Dunia 2012.
Berbeda dengan Jambore Sanitasi sebelumnya, pada tahun ini ada tambahan kegiatan berupa “ Gema Indonesia Peduli Sanitasi” yang akan melibatkan siswa-siswi SD se- DKI Jakarta sebanyak 1000 anak dan musisi Nugie pada tanggal 30 Juni di Ocean Ecopark-Ancol.

Mempersiapkan dan melengkapi Duta-Duta Sanitasi untuk :
1. Menjadi agen pembangunan sanitasi khususnya dalam hal perubahab perilaku masyarakat
2. Menyampaikan pesan sanitasi kepada lingkungan di sekitarnya (keluarga dan sekolah) dan masyarakat, sesuai dengan ilmu yang telah didapat selama kegiatan Jambore.

Tempat Pelaksanaan Jambore Sanitasi 2012 di Hotel Mercure Ancol Jakarta pada tanggal 24 Juni – 1 Juli 2012. Kegiatan Jambore Sanitasi 2012 berupa Talkshow, Workshop, Gema Indonesia Peduli Sanitasi, Silaturahmi ke Ibu Herawati Boediono di Istana Wapres, Kunjungan ke Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, dan Malam Kesenian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar